(021 2753 4135) | 0857 177 00064 / 0812 8991 2100 (WhatsApp) BIPI.biro@gmail.com

Dimana-mana jika sebuah perusahaan sedang membuka lowongan kerja, pasti setiap orang yang ingin melamar pekerjaan disana akan diuji terlebih dahulu dengan test yang biasa disebut dengan Psikotest. Menurut Anda kira-kira apa pentingnya mereka melakukan Psikotest tersebut?

Pada artikel-artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang Psikotest dan Jasa Psikotest itu sendiri. Meski telah dibahas, mungkin masih banyak juga yang belum begitu paham tentang pengaruh Psikotest dan Jasa Psikotest tersebut bagi sebuah perusahaan atau lembaga. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba mengulas tentang Peran Penting Jasa Psikotest Bagi Perusahaan.

Kita tahu, setiap jenis pekerjaan pasti menuntut kepribadian dan keterampilan/kemampuan tertentu dari tenaga kerja yang diperlukannya. Semakin tinggi tanggung jawab dan tingkat kesulitan suatu jenis pekerjaan, maka akan semakin tinggi pula kecerdasan/kemampuan yang akan dibutuhkannya. Nah, untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kriteria, Psikotest sangatlah penting dilakukan guna mengetahui tingkat kemampuan seorang calon pegawai atau tenaga kerja tersebut.

Perusahaan yang ingin melaksanakan Psikotest atau Test Psikologi seperti seleksi karyawan, analisis karyawan, mutasi, dan berbagai tujuan lainnya terhadap calon pegawai dan para pegawainya, biasanya akan meminta bantuan Jasa Psikotest agar mendapatkan informasi yang akurat.

Laporan Psikotest atau Test Psikologi yang dibuat Jasa Psikotest tersebut nantinya dapat dipergunakan oleh pimpinan perusahaan atau bagian personalia (Sumber Daya Manusia alias Human Resources Development Department (HRD)) untuk menentukan sikap yang tepat dalam hal:

1. Menerima atau menolak lamaran kerja seseorang
2. Menempatkan posisi seseorang sesuai dengan kepribadiannya
3. Memindahkan posisi pegawai ke posisi baru yang lebih sesuai dengan kepribadiannya
4. Dll.

Oleh karena itu, peran Jasa Psikotest disini menjadi begitu penting untuk memberikan arahan dan rambu-rambu dalam memilih karyawan atau tenaga kerja yang akan menempati suatu jabatan/pekerjaan bagi sebuah perusahaan.

Selain itu, apalagi yang lain Peran Penting Jasa Psikotest Bagi Perusahaan?
Berikut beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dan pegawai dari adanya Jasa Psikotest:

1. Dapat menghindari salah dalam penempatan karyawan/pegawai
2. Dapat menghasilkan produktifitas yang tinggi dari kinerja perusahaan
3. Jika produktifitas yang dihasilkan tinggi, otomatis keuntungan yang didapat perusahaan juga akan tinggi
4. Dapat mencegah kebosanan kerja pegawai karena penempatannya sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat mereka
5. Secara tidak langsung, perusahaan juga telah memberikan gambaran pada pegawai dan calon pegawainya tentang kelebihan dan kelemahan mereka masing-masing, sehingga mereka dapat mudah memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan potensi mereka.
6. Selain itu, dengan mengetahui kelebihan dan kelemahannya, maka seorang karyawan atau pegawai dapat mengurangi kemungkinan gagal nanti dalam Psikotest-Psikotest selanjutnya.

Aspek-aspek yang biasanya diukur Jasa Psikotest dalam melaksanakan Psikotest adalah:

1. Kemampuan Akademik
Meliputi: kecerdasan, logika, kemampuan berhitung, dan kemampuan bahasa

2. Kepribadian
Meliputi: kemandirian, kepemimpinan, kreativitas, kestabilan emosi, sistematika kerja, ketekunan kerja, sosialisasi, motivasi kerja, dan ego

3. Kemampuan Khusus
Meliputi: kecepatan kerja, ketahanan kerja, keajegan kerja, dan ketelitian

Hasil pengukuran tersebut nantinya akan dapat membantu pegawai maupun perusahaan dalam mengetahui kualitas intelektual, tingkat kompetensi dan kompetisi, serta bagaimana potensi pengembangan perusahaan dan pegawai tersebut dalam karirnya ke depan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Peran Penting Jasa Psikotest Bagi Perusahaan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda!