(021 2753 4135) | 0857 177 00064 / 0812 8991 2100 (WhatsApp) BIPI.biro@gmail.com

Beberapa waktu yang lalu, kita juga sudah pernah membahas sedikit tentang Test Psikologi. Untuk melengkapi informasi yang ada pada artikel yang lalu, kali ini kita akan coba menambah penjelasan tentang Pentingnya Test Psikologi.

Test Psikologi atau yang lebih dikenal Psikotest merupakan kegiatan pengukuran aspek-aspek psikologis tertentu seseorang yang dilakukan guna mengungkap dan memperoleh informasi tentang perasaan, pikiran, persepsi, serta perilaku orang tersebut untuk kemudian dipergunakan dalam membuat penilaian dan deskripsi tentang diri orang tersebut.
Dengan kata lain, Test Psikologi bisa dikatakan sebagai alat ukur untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang.

Manfaat Test Psikologi

1. Dapat mengungkap berbagai bentuk kepribadian tersembunyi dan yang sukar dimengerti dari seseorang, dilakukan melalui wawancara dan pengamatan sehari-hari.
2. Dapat menjelaskan masalah-masalah psikodinamik seseorang
3. Dapat mengetahui apakah seseorang mengalami gangguan jiwa atau tidak

Test Psikologi saat ini sudah sangat luas dipraktekkan di mayoritas negara untuk berbagai keperluan dan maksud tertentu dalam berbagai bidang seperti bidang industri, pendidikan, penelitian, militer, dll.

Di bidang Industri misalnya. Seperti halnya negara-negara lain, di Indonesia Test Psikologi juga dipergunakan dalam berbagai dunia usaha dan instansi untuk keperluan promosi, seleksi, dan mutasi untuk tingkat eksekutif, direksi, staf, manager, sampai pada tingkat pegawai/karyawan yang menduduki posisi yang strategis atau vital dan beresiko tinggi.

Test Psikologi memiliki tujuan mengukur kondisi psikologis seseorang dalam hal kejiwaan, potensi, dan kemampuan khususnya. Aspek-aspek yang diukur dalam Test Psikologi tersebut sekaligus menjadi alat ukur yang sangat dibutuhkan pula dalam memprediksi potensi/kemampuan yang dimiliki seseorang. Maka dari itu, hasil pengukuran Test Psikologi tersebut yang kemudian dijadikan pedoman atau yang akan disesuaikan dengan persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan oleh Perusahaan atau Lembaga yang membutuhkan calon-calon tenaga kerja tersebut nantinya. Dengan kata lain, tanpa Test Psikologi sebuah perusahaan akan mengalami kesulitan dalam menemukan pegawai atau karyawan yang memiliki potensi/kemampuan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkannya. Itulah alasan Pentingnya Test Psikologi bagi sebuah perusahaan.

Selain di bidang industri, Test Psikologi juga memiliki peranan penting dalam bidang Pendidikan. Di SMA misalnya, Test Psikologi sangat membantu kinerja guru terutama untuk mengetahui bakat siswa, penjurusan, dan ke manakah sebaiknya siswa setelah lulus SMA. Test Psikologi ini dapat memberikan gambaran tentang jurusan mana yang cocok dengan masing-masing siswa. Dengan begitu, guru dapat dengan mudah mengarahkan kemanakah masing-masing siswa bisa melanjutkan sekolahnya nanti setelah lulus. Selain itu, Test Psikologi juga sangat membantu dalam menggali potensi/bakat tersembunyi dari masing-masing siswa, yang biasanya dilakukan dengan menggunakan dua bentuk test, yaitu test kreatifitas dan test wawancara.
Dari manfaat-manfaat diatas, secara tidak langsung dengan diadakannya Test Psikologi berarti memberi peluang kepada sekolah untuk melahirkan bibit-bibit unggul dari lulusan sekolah-sekolah yang menerapkan Test Psikologi tersebut.

Tak hanya itu, di sekolah Test Psikologi juga sangat membantu guru dalam mendidik siswa dari segi akhlak, karena dengan diadakan Test Psikologi di sekolah terutama di SMA, telah terbukti dapat mengurangi kenakalan remaja. Bahkan, jika seorang siswa memiliki masalah dirumah lalu tanpa sengaja membawanya ke sekolah sehingga mempengaruhi proses dan hasil belajarnya di sekolah, berkat Test Psikologi semua itu dapat diketahui sehingga pihak sekolah dapat membantu mencarikan solusi dari permasalahan yang ada.

Itu dia sedikit penjelasan tentang Pentingnya Test Psikologi. Mudah-mudahan bermanfaat!