(021 2753 4135) | 0857 177 00064 / 0812 8991 2100 (WhatsApp) BIPI.biro@gmail.com

Psikologi berasal dari kata Psychology (merupakan bahasa Yunani). Kata Psychology sendiri merupakan gabungan dari kata psyche (yang berarti jiwa) dan logos (yang berarti ilmu). Maka dari kedua kata tersebut secara harfiah Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu psikis atau ilmu jiwa.

A. Definisi Psikologi Menurut Ensiklopedia

1. Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia

Psikologi adaIah ilmu yang mempelajari perilaku atau tingkah laku manusia dan hewan baik yang tampak secara langsung maupun yang tidak tampak secara langsung.

2. Menurut Ensiklopedia Pendidikan, (Poerbakawatja & Harahap)

Psikologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang melakukan penyelidikan atas gejala-gejala & kegiatan-kegiatan jiwa.

B. Definisi Psikologi Menurut Para Ahli

1. Menurut Plato & Aristoteles

Psikologi adaIah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

2. Menurut Watson (1919)

Psikologi adalah bagian dari ilmu yang menekankan perilaku, perbuatan, dan ucapan manusia, baik yang dipelajari ataupun yang tidak dipelajari sebagai pokok masalah.

3. Menurut koffka (1925)

Psikologi adaIah studi ilmiah yang menyangkut tentang perilaku atau tingkah laku makhluk hidup dalam hal hubungan mereka dengan lingkungan luar (dunia luar).

4. Menurut Gates (1931)

Psikologi adalah ilmu yang mencoba menemukan, menunjukkan, menggolongkan, dan menerangkan berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia, binatang, atau lainnya.

5. Menurut Chaplin (1972)

Psikologi adaIah iImu pengetahuan yang membahas tentang perilaku manusia dan hewan.

6. Menurut Richard Mayer (1981)

Psikologi adalah analisis tentang proses mental serta struktur daya ingat guna memahami perilaku manusia.

7. Menurut Dakir (1993)

Psikologi adalah iImu yang membahas tingkah laku (perilaku) manusia dalam hal hubungannya dengan lingkungannya.

8. Menurut Muhibbin Syah (2001)

Psikologi adalah iImu yang mempeIajari tingkah laku manusia, baik yang terbuka maupun tertutup, selaku individu ataupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku terbuka merupakan tingkah laku yang sifatnya psikomotor seperti berbicara, berdiri, berjalan, duduk dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup merupakan tingkah laku yang tak terlihat seperti berfikir, berperasaan, berkeyakinan, dan lain sebagainya.

C. Definisi Psikologi Secara Umum

Dari Pengertian Psikologi menurut Ensiklopedia dan para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa secara umum Psikologi adalah sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku atau tingkah laku makhluk hidup, baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut bisa berupa tingkah laku yang tampak dan tidak tampak, serta yang disadari dan yang tidak disadari.

D. Macam-Macam Jenis Psikologi

Psikologi sering disebut juga ilmu jiwa atau ilmu tingkah laku. Sementara kita tahu tingkah laku itu sendiri cakupannya sangat luas sekali, yakni meliputi segala hal yang kita lakukan, pikirkan, dan rasakan mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali.
Karena luasnya objek Psikologi itulah maka dalam penanganannya, ilmu Psikologi dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Psikologi Perkembangan

Yakni, ilmu Psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia yang terdapat pada setiap tahap perkembangan jiwa manusia tersebut sepanjang rentang kehidupannya.

2. Psikologi Pendidikan

Yakni, ilmu Psikokogi yang mempelajari tingkah laku atau perilaku manusia dalam bidang pendidikan.

3. Psikologi Sosial

Yakni, ilmu Psikologi yang mempelajari tingkah laku atau perilaku manusia dalam hubungannya dengan masyarakat sekitarnya.

4. Psikologi Industri

Yakni, ilmu Psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia yang muncul dalam organisasi dan dunia industri.

5. Psikologi Klinis

Yakni, ilmu Psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan yang tidak sehat, yang normal dan yang tidak normal, yang dilihat dari sisi atau aspek psikisnya.