(021 2753 4135) | 0857 177 00064 / 0812 8991 2100 (WhatsApp) BIPI.biro@gmail.com

Kita mungkin sudah sering mendengar kata Assessment. Tapi bila disuruh menyebutkan pengertiannya, kita masih suka bingung menjelaskannya. Kadang ada yang menyebutnya sama seperti tes psikologi ataupun assessment psikologi, padahal sebenarnya mereka berbeda. Test tidak sama dengan Assessment, test hanya bagian dari Assessment. Lalu, sebenarnya apa itu Assessment? Nah, biar nggak makin ngaur, yuk simak penjelasan berikut!

A. Gambaran Umum Assessment

Saat teman atau sahabat Anda memiliki masalah, adakalanya mereka curhat pada Anda. Terkadang mereka bukan hanya sekedar butuh tempat mencurahkan isi hati, kadang kala mereka juga meminta saran dan solusi dari Anda. Saat akan memberikan saran dan solusi, Anda tentu harus mengetahui dulu pokok permasalahannya dan menganalisanya. Caranya, tentu dengan memahami dan menganalisa isi cerita teman atau sahabat Anda tadi, terkadang Anda pun perlu menanyakan pertanyaan-pertanyaan tertentu padanya guna mendapatkan informasi seakurat mungkin. Setelah itu baru Anda akan bisa memberikan saran dan solusi pada teman atau sahabat Anda tadi. Nah, yang Anda lakukan itu merupakan salah satu contoh dari kegiatan Assessment.

B. Definisi Assessment menurut beberapa ahli

1. Menurut Robert M Smith

Asessment adalah suatu proses penilaian yang komprehensif guna mengetahui kekuatan dan kelemahan seseorang.

2. Menurut James A. Mc. Lounghlin dan Rena B Lewis

Assessment adalah suatu proses sistematik dalam mengumpulkan data seseorang yang berfungsi untuk melihat kesulitan dan kemampuan yang dihadapinya, sebagai bahan untuk menentukan sebenarnya apa yang dibutuhkannya.

3. Menurut Bomstein dan Kazdin

Assessment adalah kegiatan mengidentifikasi masalah, menyeleksi target intervensi, memilih/mendesain program treatmen, mengukur dampak treatmen yang diberikan, serta mengevaluasi hasil-hasil umum & ketepatan terapi.

4. Menurut Lidz

Assessment adalah suatu proses pengumpulan informasi guna mendapatkan profil psikologis seseorang, yang meliputi kelebihan & kekurangannya, gejala & intensitasnya, kendala-kendala yang dialaminya, serta peran penting yang dibutuhkannya.

5. Menurut Sundberg

Assessment adalah suatu proses mengevaluasi dan memahami tindakan, perasaan, dan proses berpikir seseorang.

6. Menurut Overton dan Terry

Assessment adalah suatu proses pengumpulan informasi yang dilakukan untuk memantau atau memonitor kemajuan seseorang.

C. Definisi Assessment Secara Umum

Berdasarkan Definisi Assessment menurut beberapa ahli diatas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum Assessment bisa diartikan sebagai suatu proses pengumpulan informasi mengenai seseorang yang mencakup kualitas dan kuantitasnya.

D. Sejarah Assessment

Pada zaman kekaisaran Cina, Assessment sering dipergunakan dalam ujian pengangkatan pegawai negeri. Konon katanya, Assessment telah digunakan selama 2000 tahun lamanya. Sementara di zaman Yunani Kuno, Assessment dipergunakan untuk melihat latar belakang dan penyebab terjadinya gangguan pada diri seseorang. Dan pada abad ke-19, kegiatan Assessment ini kemudian dilakukan dengan langkah-langkah yang lebih baku, objektif, dan sistematik. Hal ini bertujuan untuk memahami perbedaan-perbedaan individu (seseorang) secara lebih tepat. Assessment masa modern ini dipelopori oleh Sir Galton (Inggris) dan Sir Cattel (Amerika).

B. Alasan Assessment

Assessment sebenarnya dibutuhkan untuk membuat keputusan karena kegiatan Assessment dapat menghasilkan informasi yang lebih akurat dan dapat diandalkan. Selain itu, Assessment juga penting dilakukan guna menunjang keputusan-keputusan seperti penyaringan & diagnosis, evaluasi & intervensi, dan juga riset.

Nah, itu dia artikel dan penjelasan singkat mengenai Definisi Assessment. Semoga bermanfaat!